Informasi

SYARAT PILOT UMUM YANG BIASA DITERAPKAN DI INDONESIA

1.) Untuk flying school seperti STPI Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU IPA
sedangkan untuk flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU (SMK,MTS)
2.) biasanya akan menargetkan minim panjang kaki dari pangkal paha 100cm
2.) harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
3.) Harus lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
4.) Pengetahuan umum Penerbangan.
5.) Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
6.) Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang.
Test tersebut biasa disebut (altitude test)

APAKAH MADSUD DARI PPL + CPL+ IR + ME + ATPL + VFR

Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari Gofur Adrian dari SMUN 2 Solo ke email penerbanganbogor@yahoo.com
Redaksi akan menjawab sesuai kemampuan,semoga memuaskan.

Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

CPL (Commercial Pilot License)
Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi

ME (Multi Engine) kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

IR (Instrument Rating)
kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan

VFR(Visual Flight Rule)
pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

HAL-HAL YANG BIASA DILAKUKAN CALON PENERBANG BILA INGIN MENJADI PILOT

Untuk menjadi seorang penerbang/pilot tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat yang ingin kita kendarai.

Hal yang perlu diperhatikan bila kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :

1.) Kita harus menentukan setelah lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license) dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda.
Bila anda memang tidak siap dalam cost anda dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan peserta yang banyak dan test yang ketat)
Bila anda mempunyai cost tapi tidak banyak,anda dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)

2.) Bila anda mempunyai cost anda dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil.saya menyarankan di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja diluar jam sekolah pilot.

3) Siapkanlah fisik anda dan juga pelajari cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah penting adalah bahasa inggris.

MENGAPA SEORANG LULUSAN SMK TIDAK BISA MENJADI PILOT

Memang pada awal dibukanya sekolah penerbang sipil maupun militer di indonesia,untuk menjadi seorang penerbang adalah harus dari lulusan
SMA A1 (IPA) tanpa alasan yang jelas mengapa harus seperti itu,setelah diselidiki ternyata alasannya adalah sesuai dengan CASR part 61 yang menjelaskan seorang calon penerbang harus dari lulusan its must be a high school graduated tanpa menjelaskan jurusan apa...??? Lalu mengapa ketika dulu seorang lulusan STM-SMT-SMK daftar tidak di terima di indonesia karena alasan bukan lulusan SMA-SMU (IPA).

Karena adanya pengecualian tersebutlah seorang lulusan STM meminta ijin visa sekolah,ke kedutaan Amerika (permitt education visa) untuk bersekolah penerbang di negeri paman sam.betapa kagetnya saya ternyata sekolah penerbang di America tidak sesulit syarat izin bersekolah penerbang di Indonesia,walaupun seorang lulusan STM,bahkan mereka berujar disini malah lebih banyak petani yang belajar terbang dan pelajar mahasiswa yang mengisi liburan musim panas,dan dia berujar pula bahwa yang dimadsud dengan lulusan senior high school pada CASR rmadsudnya adalah hanya lulusan,setingkat lulusan SMA bukan hanya SMA saja....????
Ternyata selain alasan pesawat cessna sekalipun merupakan barang mewah di indo ,dephub pun berujar hanya lulusan SMA IPA yang bisa ber
kalkulasi cepat dalam berhitung matematik dan Fisika.

1) Banyak orang beranggapan bahwa menjadi penerbang tidak boleh memakai kaca mata (minus)...????
sebetulnya seorang yang menyekolahkan atau dalam artian sekolah pilot gratis,sekolah pilot murah tentunya ingin mendapatkan calon2 pilot yang benar2 terbaik,maka tentunya mereka membuat aturan seperti itu.
karena hanya sekolah2 pilot yang gratis yang sering diadakan oleh airline indo dan murah serta penerimaan penerbang/pilot militer yang biasanya mengetatkan dalam penerimaan siswa-taruna didiknya.
karena diluar negri seorang calon siswa pilot boleh memakai kacamata hanya ada batasan (-) minus untuk menjadi seorang calon siswa disana.


INFO SEKOLAH PENERBANG/PILOT BARU DI INDONESIA

sharing info Flying school baru :
1. Merpati Pilot school, home base Juanda Airport Surabaya, Pesawat C-172 sebanyak 5 unit jumlah siswa 20 per-angkatan. info lebih lanjut kantor pusat Merpati kemayoran lantai 11.
2.Aviation Academy, home base Selaparang Airport Lombok. Pesawat Liberty - 22 sebanyak 2 unit, Cirrus 2 unit. info lebih lanjut dateng aja ke Terminal building lantai 2 Halim Airport.
3. Susi flying school , home base Nusa Wiru Airport, Pangandaran, Ciamis Pesawat DA-40 ( single engine ) dan DA -42 ( ME ) info lebih lanjut dateng aja ke Halim Terminal Building Lantai 2


SUSAHKAH UNTUK MENJADI SEORANG PENERBANG (PILOT)...????



Terbang Melayang layang mengawaki pesawat cessna-150 dari ketinggian 7500 kaki bagi sebagian orang adalah
peristiwa menguatirkan,namun bagi para pencinta dirgantara,berada di bawah awan putih berpaut dengan gumpalan
langit biru bebas,merupakan posisi terindah menikmati pemandangan kota dan alam sekitarnya.

Jika sebelumnya hanya mereka yang lulus seleksi sebagai penerbang di pusat pelatihan penerbangan PLP CURUG
sekarang STPI CURUG saja yang boleh mengawaki pesawat ,sekarang pencinta dirgantara pun beroleh kesempatan
serupa di deraya flying school di Halim Perdana Kusumah jakarta timur.

Setelah mendartarkan diri calon siswa akan di tes terbang terlebih dahulu.Dalam artian seorang calon siswa akan di ajak terbang oleh seorang instruktur,untuk menentukan dia berbakat atau tidak dan bisa tidaknya calon siswa mengatasi ketakutan atas ketinggian dan fungsi syaraf motoriknya.jika pada tes pertama gagal calon akan dinyatakan
gugur & itupun klo siswa telah lulus test kesehatan bhs inggris dan bayar uang administrasi.

flying school sendiri bertujuan menuntun agar siswa menjadi penerbang profesional,walaupun sekolah ini ber
prinsip semua orang bisa menjadi penerbang.
Persyaratan yang mesti di penuhi pun tidak termasuk sulit,selain warga negara indonesia dan berijasah setingkat SMA
dan juga menerima lulusan S1,insinyur dan juga yang pernah bekerja, serta harus lulus tes kesehatan yang meliputi tes
mata,jantung dan bahasa inggris,panjang kaki minimal harus100cm.
Sekali lagi bahasa inggris berperan penting dalam kelulusan test sebagai seorang penerbang,walaupun dalam penyampaian belajar menggunakan bahasa ind tapi semua buku pelajaran menggunakan bahasa inggris dan dalam komunikasi antara pilot dan penjaga menara (tower guard) di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris apalagi semua instrument di cockpit pun tidak ada yg menggunakan bahasa indonesia.

Untuk siswa yang sudah lulus DFS menyiapkan pesawat latih jenis cessna 150,cessna 172,cessna 206 dan 402.........
dan sebagai gambaran biaya sekolah disini 1,2 juta per jam total waktu yang dibutuhkan sampai komplit 150 jam jadi total biaya yang keluar 180 jt.
Tetapi bila anda ingin menjadi penerbang dengan cost yang minim atau mungkin tanpa cost anda dapat test di STPI curug,dan test di perusahaan penerbangan yang ingin membiayai untuk sekolah penerbang (pilot) dengan catatan test yang agak sulit...?????
Tapi jangan khawatir banyak perusahaan penerbangan di indonesia yang mengadakan test buat sekolah penerbang
gratis,walaupun banyak yang mendaftar mungkin ribuan orang,tapi mencoba tidak ada salahnya.
Karena kita sudah mempunyai basic tentang pengetahuan penerbangan,dan kebanyakan para peserta test
kalah dalam test bahasa inggris dan pengetahuan dunia penerbangan,Makanya pesan saya,Bahasa inggris itu benar
benar sangat penting buat kalian,dan klo bisa ikuti bimbingan test bahasa inggris di luar jam sekolah.walaupun di sekolah kita bisa 4 jam belajar bahasa inggris.
Tahun Terakhir ini perusahaan Penerbangan yang mengadakan test sekolah penerbang gratis adalah ;
Lion Air,Adam air,Garuda indonesia,Sriwijaya air. dan ada kemungkinan 2008 ini giliran perusahaan penerbangan
baru Lorena Air yang akan mengadakan sekolah penerbang gratis,Tunggu aja informasinya oke.